Kamis, 10 Oktober 2013

Kurap



Penyakit Kurap pada kulit adalah infeksi jamur yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh beberapa jamur dermatofia yang terbagi menjadi tiga genus yaituTrychopyton, Microsporum dan Epidermophyton. Dan yang paling sering menjadi penyebab kadas adalah Microsporum dan Epidermophyton, karena jenis jamur tersebut bisa tumbuh didaerah lembab dan hangat seperti jari jari kaki.

Gejala kurap pada kulit juga dapat terjadi dibeberapa tempat :
1.        Kurap di kaki
Terjadi pada cuaca yang panas / hangat. Biasanya penyakit kurap pada kaki ini disebabkan oleh Trychopyton atau  Epidermiphyton. Gejalanya timbul sisik sisik yang sangat halus, timbul rasa nyri disela-sela jari kaki dan ditepian kaki, juga bisa berbentuk kepuhan yang berisi cairan.
2.      Kurap Pada selangkangan
Penyakit ini biasa disebut jick itch dan juga disebabkan berbagai sejumlah jamur. Namun hal ini sering ditemukan pada pria dan lebih sering terjadi pada cuaca yang hangat.
3.      Kurap dikulit kepala
Penyabab dari kurap dikulit kepala ini adalah Trychophyton atau Mucrosporum. Penyakit ini sangat menular terutama pada anak anak. Bisa menyebabkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa sangat gatel atau dapat menybabkan kerontokan rambut yang bisa meninggalkan bercak pitak namun tanpa disertai dengan ruam.
4.      Kurap di kuku
Penyakit ini adalah infeksi kuku yang paling sering disebabkan oleh Trychopiton, jamur bisa juga masuk dalam kuku dan menghasilkan penebalan, tak bercahaya dan kuku tak berbentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar